DomaiNesia

Senin, 08 Maret 2010

Kopi Tirto, Saatnya Ngopi Sekaligus Merawat Bumi

 bahwa ngopi yakni bab dari tradisi penduduk  Indonesia  Kopi Tirto, Saatnya Ngopi Sekaligus Merawat Bumi

Kita pasti oke, bahwa ngopi adalah bagian dari tradisi penduduk Indonesia (bahkan dunia). Semasa kecil di kampung halaman, selepas subuh aku kerap mendapati para petani ngopi di warung bersahabat pasar. Menjelang langit jelas, para laki-laki handal ini beranjak ke sawah.

Selain kopi sebagai tradisi, tak mampu disangkal kopi juga selaku komoditas yang menyejahterakan petani. Sementara sebagai tumbuhan, pohon kopi berfungsi menolong konserfasi guna melindungi tanah dan air.  Maka Kopi sejatinya menjaga bumi.

----

Pecinta kopi musti tahu  Kopi Tirto. Adalah merk jualan untuk kopi asli Indonesia, yang dibuat oleh para petani dampingan Danone-AQUA di kawasan konservasi dengan ketinggian 400-1000 Dpl. Produksi Kopi Tirto sementara tersebar di Jempanang Badung-Bali, Wonosobo-Jawa Tengah, Pandaan-Jawa Timur, Tanggamus-Bandar Lampung. Karena di kawasan ini, yaitu daerah tangkapan air (catchment area).

Pada program launching Kopi Tirto, yang dilakukan secara virtual pada pertengahan Desember. I Ketut Kartika Yasa, seorang petani kopi dari Badung Utara berkisah sekira tahun 2012 petani kopi daerahnya biasa memasarkan kopi ke tengkulak. Dari sisi harga tidak mempunyai kuasa, dan kopi dilihat murni sebagai komoditas ekonomi.

Begitu ada program pendampingan CSR Danone, Kopi disulap menjadi produk unggulan di wilayahnya. Pada  2019  diterapkan acara konservasi kopi, dengan mempekerjakan kopi selaku obyek konverfasi. Sehingga selain berbagi penghasilan masyarakat, juga untuk menampung debit hujan.

Sementara itu Irfan Helmi,  Ketua Dewan Pengurus Sustainable Coffe Platform of Indonesia (SCOPI) dalam pemaparannya memberikan, bahwa jual beli kopi musti sejalan dengan keberlangsungan lingkungan dan petaninya. Diperkirakan pada 30 th mendatang, kopi bisa menjadi komoditas langka, balasan cuaca yang semakin panas dan hama bertambah banyak.

Hal tersebut musti tertuntaskan sedini mungkin, kehadiran SCOPI berupaya merajut ragam pemangku kepentingan bergandengan tangan demi kopi berkesinambungan. Karena tidak mungkin, jika masing-masing pihak berlangsung sendiri sendiri.

Budi Rahardjo, selaku Agriculture Manager Danone Indonesia, memperlihatkan bahwa Visi Danone secara global yakni “One Planet One Health”, sehingga keseluruhan kegiatan menuju terwujudnya planet bumi yang sehat. Kopi Indonesia secara bikinan di urutan ke empat, tehitung dari tahun 2016 terus tumbuh meski tidak melonjak.

Kopi berkembang di tempat pegunungan yang masbodoh, tetapi pertumuhannya memiliki peluang mengalami ganguan pada sistem tata air. maka sustainable menjadi akhir, dilarang sekedar dibentuk saja tanpa mengamati budidaya.

 

 bahwa ngopi yakni bab dari tradisi penduduk  Indonesia  Kopi Tirto, Saatnya Ngopi Sekaligus Merawat Bumi

Danone AQUA mengakibatkan daerah konservasi, dengan memperhatikan sipil teknis berbentuksumur resapan, rorak (susukan air buntu untuk menjebak air biar meresap), bendung, embung, biopori. Kemudian diadakan konservasi vegetasi, lewat penanaman pohon, Payment Enviromental Services (PES), Sistem Agroforestry, mix antara flora kehutanan penghasil kayu, pohon buah.

Kebun kopi juga dijadikan lokasi rekreasi, sehingga menunjukkan nilai tambah kopi. Wisatawan bisa mendapati dongeng tentang proses kopi, sehingga memberi impact ekonomi bagi petani.

Agar harga kopi berada di harga wajar dan adil, Yayasan Nirudaya selaku kawan dari Danone-AQUA berbelanja Kopi petani. Sekaligus memproduksi dan menjual Kopi Tirto, seluruh proses pendampingan dan komunikasi penjualan dilaksanakan Danone AQUA.

Martin Kreshna selaku Executive Director Yayasan Nuridaya, menandakan  bagaimana proses dari pasca panen sesuai SOP, lalu dipacking, dibranding, dipasarkan. Sehingga siap diterima konsumen, membuat serapan pasar baik lewat online maupun ofline media.

 bahwa ngopi yakni bab dari tradisi penduduk  Indonesia  Kopi Tirto, Saatnya Ngopi Sekaligus Merawat Bumi

Teman-sobat, saat ini Kopi Tirto memberikan 7 variasi berdasarkan tempat konservasi, yaitu :  BALI Arabica Semi Wash, WONOSOBO Arabica Natural, WONOSOBO Arabica Full Wash, WONOSOBO Arabica Wine process, PANDAAN Arabica Full Wash, PANDAAN Robusta Natural, TANGGAMUS Robusta Natural

Kalian yang mulai penasaran dan pengin berbelanja, silakan WhatsApp Customer Service Kopi Tirto 0853 3331 1336, atau mampu mengisi form reservasi di link SINI  dan info selengkapnya cek di  Instagram @kopitirto 

 bahwa ngopi yakni bab dari tradisi penduduk  Indonesia  Kopi Tirto, Saatnya Ngopi Sekaligus Merawat Bumi

 


Sumber https://thek-os.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pabrik Daur Ulang Dan Pemrosesan Ulang Botol Pet Paling Besar Dan Termutakhir Ada Di Indonesia

Sia pa mampu lepas dari plastik? Setiap hari kita, senantiasa berafiliasi dengan plastik. Mulai dari belanja sayur, belanja di warung ata...